4th
MEI

Posisi Kipas Komputer yang ideal

Posted by admin under Hardware

Pada prinsipnya Posisi Kipas Komputer (PC) yang ideal   , menentukan sirkulasi udara yang baik, Kebanyakan casing pc menyediakan beberapa fan atau setidaknya ada tempat untuk fan tambahan.
Idealnya ia akan dilengkapi fan di bagian depan, dan belakang di bawah Powersupply.

Contoh tersebut , dengan asumsi pada fan dengan menggunakan casing CPU jenis form factor ATX tower. Akan lebih ideal jika memungkinkan untuk memasang fan dengan diameter hingga 120 mm.

Keuntungan Fan dengan diameter besar memberikan keuntungan pada tingkat kebisingan yang lebih minim.
Selain debit volume udara yang dipindahkan akan lebih besar dibandingkan kipas berdiameter lebih kecil, jika dibandingkan kipas berdiameter lebih kecil dengan kecepatan putar (rpm) yang sama.

Fan di bagian depan, sebaiknya difungsikan untuk memasukan udara dingin. Dengan mengarahkan aliran udara ke dalam case, ada kemungkinan debu dari luar case masuk melalui sirkulasi ini. Ada baiknya untuk memasang sebuah filter udara untuk mencegah hal tersebut.

Sedangkan bagian fan belakang di bawah powersupply difungsikan untuk menarik udara panas dari dalam case. Untuk ini tidak memerlukan penggunaan air filter.

Letak  fan yang menarik udara keluar memang lebih menguntungkan jika terletak lebih atas, dibanding fan untuk memasukkan udara dingin.

Di sini memanfaatkan sifat udara panas yang lebih ringan, dan akan berkumpul di bagian atas pada ruangan tertutup.

Tambahan penempatan kipas pada bagian atas, samping juga mungkin tersedia pada PC case. Ini akan disesuaikan dengan konsep aliran udara yang diinginkan. Yang perlu diperhatikan pada pembahasan selanjutnya adalah lebih memperhatikan debit volume udara yang dapat dipindahkan (maximum air flow).

Biasa dinyatakan dalam satuan CFM atau disebut “cubic feet per minute”. Tidak perlu terpaku memperhatikan jumlah fan yang terpasang.
Alasan utamanya adalah, jumlah fan tidak selalu mengacu pada jumlah debit volume udara yang mampu dipindahkan.

Ukuran diameter fan, desain fin, putaran kipas merupakan beberapa faktor yang akan mempengaruhi kemampuan fan.

Keuntungannya secara kinerja, metoda ini lebih menguntungkan dibandingkan positive-pressure. Kekosongan udara di dalam casing komputer cenderung dalam besaran yang stabil.
Udara yang mengalir pun akan lebih merata, tidak semata-mata mengikuti arah dorongan dari putaran kipas. Sehingga lebih memastikan aliran udara di dalam casing.

Kerugiannya, udara kotor mungkin masuk tidak tersaring, sehingga perlu diperhatikan jika terjadi tumpukan debu di dalam. untuk mencoba aliran fan cpu baik atau tidak coba anda dekatkan obat nyamuk bakar yang berasap dekatkan dengan kipas, perhatikan arah semburan kipas tersebut.

Jenis Alur Putaran sirkulasi ada 2 macam:

Untuk penjelasan Jenis Alur Putaran sirkulasi kita akan lanjutkan artikel berikutnya dalam sesi “Prinsip kerja Airflow”,  terima kasih bagi anda yang telah membaca semoga bermanfaat. <LeoGa.Labs>

Sumber:


Leave a Reply


 LeoGa Theme