23rd
APR

Argentina langgar perjanjian Uni Eropa

Posted by admin under Politik

Pengambil alihan saham sebanyak 51% dan penghapusan saham mayoritas sebanyak 57,4% milik repsol secara sepihak oleh Anggota parlemen Uni Eropa merupakan tindakan pelanggaran hukum atas perjanjian kedua negara. “Perjanjian ini tidak sah menurut hukum Spanyol.” ungkap Juru bicara Repsol, Kristian Rix, sebagaimana yang dikutip dari BBC online Menteri Luar Negeri Spanyol, Jose Manuel Garcia Margallo, pun ikut angkat bicara dan mengancam akan melakukan balasan untuk melawan Argentina atas nasionalisasi paksa perusahaan minyak YPF, dengan meningkatkan prospek perang dagang antara bangsa-bangsa di Uni Eropa dengan Argentina.

YPF sendiri merupakan perusahaan minyak terbesar di Argentina, YPF sendiri telah diprivatisasi sejak tahun 1993.

Perdebatan soal pembagian kepemilikan YPF belakangan ini mengemukakan setelah Argentina mengambil langkah untuk menasionalisasi perusahaan minyak ini.

Tindakan yang dilakukan oleh Pemerintah Argentina sendiri, telah mendapatkan dukungan dari parlemen dan rakyat Argentina, terlebih setelah YPF menemukan cadangan minyak dan gas yang besar di wilayah Argentina tersebut. isi resolusi yang didukung oleh 458 anggota parlemen Uni Eropa ini antara lain meminta komisi Eropa untuk mempertimbangkan sebuah “suspensi parsial” dari tarif ekspor minyak Argentina ke Uni Eropa, yang dinilai dua kali lipat menguntungkan Argentina, setelah menasionalisasi YPF.

Parlemen Eropa menilai tindakan Argentina menasionalisasi YPF menggambarkannya sebagai serangan terhadap pelaksanaan usaha bebas. Sebab tindakan Argentina dinilai telah mengganggu perjanjian terhadap perdagangan antara Amerika Selatan dan blok Uni Eropa. Parlemen Uni Eropa mengaku sangat menyesalkan keputusan yang diambil oleh Argentina tersebut www.koran.tk melaporkan


Leave a Reply


 LeoGa Theme